RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Menteng 03 Pagi Jakarta Pusat
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : 2. Selalu
Berhemat Energi
Sub Tema : II. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu : 1 Hari ( 6 X 35 Menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
IPA
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energy melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan
tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Indikator
v Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi
dalam kegiatankegiatan yang ada dalam gambar.
v Menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas.
PPKn
3.2
Memahami
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah,
dan masyarakat.
4.2
Melaksanakan kewajiban
sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Indikator
v Melaksanakan perilaku sikap hemat energy.
Bahasa Indonesia
3.1
Menggali informasi dari
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
v Menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan dan penggunaan kosakata baku.
C.
TUJUAN
1.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan
bentuk energi dengan benar.(IPA)
2.
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya
dengan benar.(IPA & BI)
3.
Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil
percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4.
Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan
berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.(BI, IPA & PPKn)
D. MATERI
IPA :
Perubahan bentuk energi dengan benar.
PPKn :
Tanggung Jawab
Bahasa Indonesia : Teks Percobaan
tentang Energi panas.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Awal
|
1. Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing
2. Guru bersama siswa melakukan apersepsi tentang kegiatan sehari-hari yang
berkaitan dengan pahlawanku
3. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
15 Menit
|
|
INTI
|
1.
Siswa secara berpasangan mengamati gambar, siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail
dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang dilakukan dan
sumber energinya).
2.
Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan
gambar secara lisan di depan kelas.
3.
Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan
energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
4.
Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan menuliskan
hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
5.
Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah
dilakukan.
6.
Guru membantu siswa menemukan, hal-hal yang perlu
diamati dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a)
Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan
tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
b)
Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap
paragrafnya?
c)
Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah
kalimat?
d)
Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh
pembaca?
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan adalah:
-
Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan,
serta ketepatan penggunaan tanda baca.
-
Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan
suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.
-
Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau
perasaan penulis yang ingin disampaikan
kepada pembacanya.
-
Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan
predikat.
-
Adanya keterpaduan antarparagraf.
7.
Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat
dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
8.
Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus
ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
9.
Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang
sikap hemat energi.
10. Siswa berdiskusi
tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan amansecara
berkelompok.
11. Siswa mengemukan
pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat
kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan
kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan
pendapatnya. Apabila siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa
dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk
melanjutkannya.
12. Siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
180 Menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
2.
Guru menanyakan materi yang belum dipahami.
3.
Siswa mengerjakan latihan soal
4.
Guru menyampaikan pesan lanjut (mengapresiasi kelompok dan
siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran)
5.
Guru menyampaikan tindak lanjut (memberikan PR kepada siswa)
6.
Guru menutup pembelajaran dengan doa.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
a.
Sumber
a)
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b)
Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c)
Buku
Pengembangan Diri Anak.
d)
Sumber
Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
b.
Media dan alat Bantu
Buku teks,
Kertas,
Benang, dan lilin.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
Daftar Periksa IPA
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis bentuk energi dengan benar
|
|
|
Menulis bentuk energi dengan benar
|
|
|
Hasil Penilaian pengamatan
benda-benda elektronik
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
ST (
|
BT (
|
ST (
|
BT (
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Rubrik unjuk kerja IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Bagus Sekali
|
Bagus
|
Cukup
|
Berlatih Lagi
|
Tujuan
|
Tujuan percobaan
sangat jelas. (2)
|
Tujuan percobaan
cukup jelas. (1,5)
√
|
Tujuan percobaan
kurang jelas.
(1)
|
Tujuan
percobaan
tidak jelas. (0,5)
|
Perlengkapan
Dan bahan
|
Seluruh Perlengkapan
dan bahan ditulis lengkap. (2)
|
Sebagian besar
Perlengkapan
dan bahan ditulis.
(1,5)
|
Sebagian kecil
Perlengkapan dan
bahan ditulis.
(1) √
|
Perlengkapan dan
bahan tidak ditulis. (0,5)
|
Langkah kerja
|
Seluruh langkah kerja percobaan
ditulis secara
runtut. (4) √
|
Sebagian besar langkah
kerja
percobaan
ditulis secara runtut. (3)
|
Hanya sebagian
kecil langkah
kerja percobaan
ditulis secara
runtut. (2)
|
Semua langkah
Percobaan tidak
ditulis secara runtut. (1)
|
Kesimpulan
|
Kesimpulan Di
nyatakan dengan sangat jelas dan
didukung data
yang akurat. (4)
|
Kesimpulan di nyatakan
Cukup jelas. Namun, terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat. (3) √
|
Kesimpulan
kurang jelas
dan sebagian
data pendukung
tidak akurat. (2)
|
Kesimpulan
tidak jelas dan tidak di dukung data yang akurat. (1)
|
Instrumen Penilaian kerja Bahasa Indonesia dan IPA
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Nilai Akhir
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Daftar periksa IPA, Bahasa Indonesia dan PPKn
Mata Pelajaran
|
Kriteria
|
Sudah
|
Belum
|
IPA
|
Menuliskan
contoh kegiatan yang ada pada gambar
|
|
|
Menghubungkan
kegiatan dan sumber energi yang digunakan
|
|
|
|
Bahasa Indonesia
dan
PPKn
|
Menuliskan
cerita tentang penggunaan energi secara aman dan hemat di rumah
|
|
|
Menuliskan
ide-ide tentang cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman
|
|
|
Hasil Penilaian pengamatan
benda-benda elektronik
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
ST (
|
BT (
|
ST (
|
BT (
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Mengetahui:
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Akhmad Solikhin, S.Pd, MM
NIP.
196905211997031002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar