Minggu, 13 September 2015

Kelas / Semester : 4 /1 Tema : 2. Selalu Berhemat Energi Sub Tema : II. Pemanfaatan Energi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :  SDN Menteng 03 Pagi Jakarta Pusat
Kelas / Semester             :  4 /1
Tema                               2. Selalu Berhemat Energi  
Sub Tema                        II. Pemanfaatan  Energi  
Pembelajaran ke            :  1
Alokasi waktu                 :  1 Hari ( 6 X 35 Menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

IPA
3.4      Membedakan berbagai bentuk energy melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6           Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Indikator
v  Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatankegiatan yang ada dalam gambar.
v  Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas.

      PPKn
3.2      Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2           Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
Indikator
v  Melaksanakan perilaku sikap hemat energy.

      Bahasa Indonesia
3.1           Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
v  Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan  dan penggunaan kosakata baku.




C.     TUJUAN
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.(IPA)
2.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.(IPA & BI)
3.      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.
4.      Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.(BI, IPA & PPKn)
D.    MATERI
IPA                                   :  Perubahan bentuk energi dengan benar.
PPKn                                : Tanggung Jawab
Bahasa Indonesia                        : Teks Percobaan tentang Energi panas.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Awal
1.   Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.   Guru bersama siswa melakukan apersepsi tentang kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pahlawanku
3.   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
4.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
15 Menit
INTI
1.    Siswa secara berpasangan mengamati gambar,  siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mengamati kegiatan yang dilakukan dan sumber energinya).
2.    Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3.    Siswa mengamati gambar kegiatan dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
4.    Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
5.    Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan.
6.    Guru membantu siswa menemukan, hal-hal yang perlu diamati dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti:
a)      Bagaimana penulisan kata, lambang bilangan, dan tanda baca yang digunakan pada laporan tersebut?
b)      Bagaimana merangkaikan antarkalimat dalam tiap paragrafnya?
c)      Apa yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah kalimat?
d)     Bagaimana membuat kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca?
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat laporan adalah:
-          Ketepatan penulisan huruf, kata, lambang bilangan, serta ketepatan penggunaan tanda baca.
-          Ketepatan penggunaan kata-kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai situasi dan kondisi.
-          Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembacanya.
-          Kalimat yang baik harus mengandung subjek dan predikat.
-          Adanya keterpaduan antarparagraf.
7.    Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
8.      Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
9.      Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
10.  Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan amansecara berkelompok.
11.  Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas yang dibimbing guru. Saat kegiatan diskusi, guru memandu siswa agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan mengucapkan kata-kata pujian yang membangun/positif bila ada siswa yang berani mengungkapkan pendapatnya. Apabila siswa belum berani mengungkapkan pendapatnya, bisa dimulai dengan pendapat yang diberikan oleh guru dan meminta siswa untuk melanjutkannya.
12.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
180 Menit
Penutup
1.     Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
2.     Guru menanyakan materi yang belum dipahami.
3.     Siswa mengerjakan latihan soal
4.     Guru menyampaikan pesan lanjut (mengapresiasi kelompok dan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran)
5.     Guru menyampaikan tindak lanjut (memberikan PR kepada siswa)
6.     Guru menutup pembelajaran dengan doa.
15 menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
a.      Sumber
a)      Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
b)      Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
c)      Buku Pengembangan Diri Anak.
d)     Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
             Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
b.      Media dan alat Bantu
*      Buku teks,
*      Kertas,
*      Benang, dan lilin.






I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
Daftar Periksa IPA
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Menulis bentuk energi dengan benar


Menulis bentuk energi dengan benar



Hasil Penilaian pengamatan benda-benda elektronik
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
ST ( )
BT ( )
ST ( )
BT ( )
1





2





3





4





5






Rubrik unjuk kerja IPA dan Bahasa Indonesia
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
Tujuan

Tujuan percobaan
sangat jelas. (2)
Tujuan percobaan
cukup jelas. (1,5)
Tujuan percobaan
kurang jelas. (1)
Tujuan percobaan
tidak jelas. (0,5)
Perlengkapan
Dan bahan

Seluruh Perlengkapan dan bahan ditulis lengkap. (2)
Sebagian besar
Perlengkapan dan bahan ditulis.
(1,5)
Sebagian kecil
Perlengkapan dan bahan ditulis.
 (1)
Perlengkapan dan bahan tidak ditulis. (0,5)
Langkah kerja
Seluruh  langkah kerja percobaan
ditulis secara
runtut. (4)
Sebagian besar langkah kerja
percobaan ditulis secara runtut. (3)
Hanya sebagian
kecil langkah
kerja percobaan
ditulis secara
runtut. (2)
Semua langkah
Percobaan tidak ditulis secara runtut. (1)
Kesimpulan
Kesimpulan Di nyatakan dengan sangat jelas dan
didukung data
yang akurat. (4)

Kesimpulan di nyatakan Cukup jelas. Namun, terdapat beberapa data pendukung yang tidak akurat. (3)
Kesimpulan
kurang jelas
dan sebagian
data pendukung
tidak akurat. (2)

Kesimpulan tidak jelas dan tidak di dukung data yang akurat. (1)


Instrumen Penilaian kerja Bahasa Indonesia dan IPA
No
Nama Siswa
Kriteria
Nilai Akhir
1
2
3
4
1






2






3






4






5








Daftar periksa IPA, Bahasa Indonesia dan PPKn
Mata Pelajaran
Kriteria
Sudah
Belum
IPA
Menuliskan contoh kegiatan yang ada pada gambar


Menghubungkan kegiatan dan sumber energi yang digunakan


Bahasa Indonesia
dan PPKn
Menuliskan cerita tentang penggunaan energi secara aman dan hemat di rumah


Menuliskan ide-ide tentang cara menggunakan alat-alat listrik dengan aman



Hasil Penilaian pengamatan benda-benda elektronik
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
ST ( )
BT ( )
ST ( )
BT ( )
1





2





3





4





5







Mengetahui:

Mengetahui
Kepala Sekolah,

Jakarta,........./............/2015
Guru/Wali Kelas 4.B


Bestiana Manihuruk.M.Pd
NIP. 196706131993032006


Akhmad Solikhin, S.Pd, MM
NIP. 196905211997031002 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar