RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Menteng 03
PAGI Jakarta Pusat
Kelas /
Semester : 4 /1
Tema :
2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema : I. Macam-macam
Sumber Energi
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari ( 6 X 35 Menit )
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Ø Indikator:
v Menyajikan isi
teks cerita petualangan tentang si biji jagung
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi
melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan
sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang
sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Ø Indikator:
v Menjelaskan
melalui tulisan berbentuk laporan tentang peranan sumber energi matahari dalam
kehidupan melalui kegiatan percobaan, pengamatan, analisa data dan menarik
kesimpulan.
v Melaporkan hasil
pengamatan tentang pengaruh energi matahari bagi kehidupan manusia
Matematika
3.10 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi
menggunakanpenjumlahan, pengurangan, atau perkalian pada kedua ruas sehingga
diperoleh bentuk yang paling sederhana
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat
matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan
dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan
aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
Ø Indikator
v
Menerapkan
konsep persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan,
dan perkalian
v
Menyatakan
persamaan antara sepasang kalimat matematika
PJOK
3.9 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan
istirahat yang cukup terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.3 Mempraktikkan kombinasi pola gerak
dasar lokomotor untuk membentuk gerakan dasar atletik jalan cepat dan lari yang
dilandasi konsep gerak melalui permainan dan atau olahraga tradisional
Ø Indikator:
v
Melakukan
gerakan lari dasar lurus dan variasinya
SBdP
3.2 Membedakan panjang-pendek bunyi, dan
tinggi-rendah nada dengan gerak tangan
4.5 Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan
sesuai dengan tinggi rendah nada
Ø Indikator:
v
Menyanyikan
dan membaca not angka lagu menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai
tinggi rendah nada
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan
uji panas matahari, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh/manfaat energi
matahari dalam kehidupan sehari hari setelah kegiatan pencatatan data hasil
percobaan, analisis dan menarik kesimpulan. (IPA, & BI)
2.
Dengan kegiatan berlatih mengerjakan
soal-soal, siswa mampu menerapkan konsep persamaan ekspresi sepasang kalimat
matematika menggunakan operasi hitung penambahan, pengurangan, dan perkalian
dengan benar. (BI,
IPA, SBdP, MTKA)
3.
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menggali informasi tentang manfaat
energi matahari. (BI, & IPA)
4.
Dengan kegiatan membaca teks petualangan
tentang Ali si Biji Energi, siswa mampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran
dengan memilih dan memilah kosakata baku. (BI,
& IPA)
5.
Dengan kegiatan variasi lari dan jalan
melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelokbelok, siswa mampu mempraktikkan
kombinasi gerak dasar lari dan jalan dengan teknik yang benar.(PJOK)
6.
Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa
mampu menyanyikan dan membaca not angka lagu “Menanam Jagung” dengan gerak
tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada. (PJOK & SBdP)
D.
MATERI
Bahasa
Indonesia : Pengamatan benda
benda elektronik
IPA : Energi dan Benda benda elektronik
Matematika : Penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
PJOK
: Gerak dasar lari dengan beberapa
variasi.
SBdP :
Karya seni tiga dimensi
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Awal
|
1. Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama
dan keyakinan masing-masing
2. Guru bersama siswa melakukan apersepsi tentang
kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pahlawanku
3. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan
selama proses pembelajaran
4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
15 Menit
|
|
Inti
|
Gerak Dasar Lari
1.
Mengawali
pembelajaran PJOK, siswa diajak untuk berdoa serta mempersiapkan diri dengan melakukan pemanasan.
2.
Siswa
diajak melakukan gerak dasar lari dengan beberapa variasi seperti gambar di bawah.
a.
Gerak lurus
b.
Gerak
zig-zag
c.
Gerak
berbelok-belok
3.
Siswa
melakukan lomba lari rintangan dengan mempraktikkan gerak dasar lari dan variasinya. Perlengkapan yang dapat digunakan seperti
kardus, bilah kayu, dan ban bekas.
4.
Siswa
mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untuk menunjukkan sikap sportif.
Energi Panas
Matahari
5.
Komunikasikan pada siswa bahwa mereka
akan melakukan kegiatan untuk membuktikan pengaruh panas matahari dalam
kehidupan.
6.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
kecil dengan anggota paling banyak lima orang, setiap kelompok akan melakukan
dua jenis percobaan bersama-sama.
7.
Guru telah menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan
banyaknya kelompok. Minta satu siswa dari setiap kelompok untuk mengambil
alat dan bahan.
8.
Siswa melakukan percobaan sesuai instruksi.
9.
Guru berkeliling memastikan semua siswa memahami
instruksi dan melakukan langkah percobaan dengan benar.
10. Siswa menuliskan paling sedikit
lima kesimpulan dari hasil pengamatan.
11. Siswa menyajikan/menuliskan kegiatan
percobaan mereka dalam bentuk laporan.
12. Komunikasikan pada siswa tentang cara
mengisi laporan, sebagai berikut: (berikan contoh yang lain)
13. Siswa membaca teks tentang Ali si Biji
Energi.
14. Siswa menulis manfaat energi panas matahari
bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran.
15. Bahan bacaaan tentang manfaat
energi matahari.
Manfaat dan Peran Matahari
16. Siswa menyelesaikan latihan
sepasang kalimat Matematika berdasarkan contoh yang telah diberikan.
Saat siswa mengerjakan, guru
berkeliling, memeriksa pekerjaan mereka. Pastikan siswa paham dan mengerjakan
tugas tepat waktu. Guru memotivasi siswa untuk bersemangat mengerjakan
latihan.
17.
Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerak tangan dan badan
sesuai dengan tinggi rendah nada notasi yang benar. (Penilaian no. 3)
18.
Siswa membaca not angka lagu “Menanam Jagung”.
19. Siswa menulis manfaat energi panas matahari
dan akibatnya apabila energi itu tidak ada. (Penilaian no. 1)
20. Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
|
180 Menit
|
|
Penutup
|
1. . Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
2. Guru menanyakan materi yang belum dipahami.
3. Siswa mengerjakan latihan soal
4. Guru menyampaikan pesan lanjut (mengapresiasi kelompok dan siswa yang
aktif dalam kegiatan pembelajaran)
5. Guru menyampaikan tindak lanjut (memberikan PR kepada siswa)
6. Guru menutup pembelajaran dengan doa.
|
15 Menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
Sumber
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 2
Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri
Anak.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar
tentang Macam-macam Sumber Energi.
Media dan Alat Bantu
§ Kertas Koran, tisu, sapu
tangan.
§ Gambar gambar tentang manfaat
Energi
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
Rubrik unjuk kerja IPA
Kriteria Bagus Sekali
Kriteria
|
Bagus Sekali
4
|
Bagus
3
|
Cukup
2
|
Berlatih Lagi
1
|
Kelengkapan dua data tabel hasil percobaan
|
Data terisi lengkap dan sesuai dengan hasil
percobaan.
|
Data tidak terisi lengkap tetapi sesuai
hasil percobaan.
|
Data terisi lengkap
tetapi tidak sesuai
hasil percobaan.
|
Data tidak terisi sama sekali.
|
Kesimpulan
|
Menuliskan paling sedikit 4 kesimpulan yang
benar berdasarkan hasil pecobaan.
|
Menuliskan paling sedikit 3 kesimpulan yang
benar berdasarkan hasil percobaan
|
Menuliskan paling sedikit 2 kesimpulan yang
benar berdasarkan hasil percobaan.
|
Menuliskan hanya 1 Kesimpulan yang benar
Berdasarkan hasil percobaan.
|
Sikap belajar
|
Menunjukkan sikap tertib, Mengikuti
instruksi, dan Mengerjaka setiap tahapan
dengan benar.
|
Menunjukkan sikap
tertib, mengikuti
instruksi, tetapi kurang tepat dalam
mengerjakan beberapa tahapan.
|
Menunjukkan sikap tertib, mengikuti
instruksi, tetapi
tahapan dalam mengerjakan tidak benar.
|
Tidak tertib dan
tidak mengikuti
instruksi.
|
Instrumen Penilaian kerja Bahasa Indonesia dan IPA “Buklet”
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Nilai Akhir
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
2.
Lembar kerja Matematika dinilai dengan
angka.
3. Daftar periksa SBdP
Daftar periksa Bahasa Indonesia
Daftar periksa PJOK
Penilaian sikap (rasa ingin tahu, tekun, teliti)
Contoh terlampir pada pembelajaran 1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar