Senin, 14 September 2015

RPP Kelas 4 T2 ST1 P2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan              :  SDN Menteng 03 PAGI Jakarta Pusat
Kelas / Semester                :  4 /1
Tema                                    :  2. Selalu Berhemat Energi  
Sub Tema                            :  I. Macam-macam Sumber Energi  
Pembelajaran ke                :  2
Alokasi waktu                    :  1 Hari ( 6 X 35 Menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR  dan  INDIKATOR
*      Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan panca indra serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan Menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Ø  Indikator:
v Menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang sumber energi angin dan air serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
v Mempraktikkan teks instruksi tentang pembuatan kincir angin
*      IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di kehidupan sehari- hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut.
Ø  Indikator:
v  Menjelaskan melalui tulisan laporan tentang pemanfaatan sumber energi angin dan air, dalam kehidupan

*      SBDP
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
Ø  Indikator:
v  Mendesain kincir air dan kincir angin sederhana menggunakan media kertas dan plastik bekas, dan meningkatkan keterampilan menggunting, melipat dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri.
C.    Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui tulisan tentang manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir air dan kincir angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan. (IPA & BI)
2.      Setelah percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan kosa kata baku dengan benar. (IPA & BI)
3.      Dengan kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkan keterampilan menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis secara mandiri. (IPA & SBdP)

D.    MATERI
IPA                                    : Energi dan Benda benda elektronik
Bahasa Indonesia                         : Pengamatan benda benda elektronik
SBDP                                 : Karya seni tiga dimensi

E.     Pendekatan & Metode
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example                  
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
1.   Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.   Guru bersama siswa melakukan apersepsi tentang kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pahlawanku
3.   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran  
4.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
15 Menit
Inti
1.    Siswa mengamati gambar kincir yang ada pada buku.
Untuk membuat kegiatan pembuka ini semakin menarik, guru dianjurkan untuk membawa sebuah kincir kertas dan kincir plastik. Minta siswa untuk mengamati dua kincir tersebut.
2.      Siswa membuat perkiraan tentang kincir angin:
a.       Apa yang membuat kincir berputar? (ditiup angin)
b.      Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c.       Bentuk energi apa yang timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d.      Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan seharihari?
(untuk bermain, sebagai benda perantara yang mengubah sumber energi angin menjadi bentuk energi gerak pada baling-baling, dan mengakibatkan pompa bergerak memompa air)
3.    Siswa menjawab rumusan masalah tersebut dengan cara diskusi berpasangan bersama teman sebangku untuk menemukan jawabannya. Kegiatan ini untuk melatih keterampilan sains siswa dalam membuat “Hipotesis” (dugaan sementara) dari rumusan masalah.
4. Siswa membuat kincir air dan kincir air plastik sesuai instruksi pada buku. (Penilaian no. 2)
5.    Guru berkeliling memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan dan memberikan bantuan kepada siswa yang menemui kesulitan.
6.    Siswa keluar kelas dan melakukan percobaan menggunakan kincir tersebut
7.    Siswa menggerakkan kincir angin dengan membawanya berlari atau ditiup.
8.    Siswa menggerakkan kincir air dengan cara mengucurkan air dari atas kincir, pastikan air jatuh tepat di atas baling-baling.
9.    Siswa mengamati proses percobaan hingga kincir bergerak berputar.
10.             Siswa mencocokkan jawaban sementara mereka di awal pembelajaran dengan hasil percobaan.
11.             Siswa menuliskan hasil percobaan seperti yang tertera pada buku. (Penilaian no. 1)
12.             Siswa mengomunikasikan proses pembuatan kincir kepada teman sebangkunya. (Penilaian no. 2)
13.             Kesimpulan yang diharapkan. Angin dan air merupakan salah satu sumber energi yang membuat kincir berputar.
14.             Siswa diberi kesempatan untuk memasang kincir mereka di halaman sekolah dan mengamati kapan kincir tersebut berputar.
15.             Siswa membaca artikel tentang energi air dan pompa air tenaga angin untuk menambah informasi.
16.    Siswa menuliskan refleksi hasil belajar hari ini.
17.    Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150
180 Menit
Penutup
1.     Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
2.     Guru menanyakan materi yang belum dipahami.
3.     Siswa mengerjakan latihan soal
4.     Guru menyampaikan pesan lanjut (mengapresiasi kelompok dan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran)
5.     Guru menyampaikan tindak lanjut (memberikan PR kepada siswa)
6.     Guru menutup pembelajaran dengan doa.
15 Menit

G.    SUMBER DAN MEDIA
a.      Sumber Pembelajaran
*      Buku Guru Kelas IV  Tema “Selalu Berhemat Energi”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 1-12
*      Buku Siswa Kelas IV Tema “Selalu Berhemat Energi”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. hal. 1-14

b.      Media
1.      Kertas berbentuk persegi /origami (kertas warna, majalah/koran bekas), gelas plastik bekas, sumpit atau lidi, lem kertas, jarum/paku payung, gunting.
H.    PENILAIAN
1.    Lembar kerja IPA dan Bahasa Indonesia dinilai dengan angka.
2.    Rubrik membuat kincir.
 

3. Penilaian sikap (rasa Ingin tahu, kerja sama, tekun, teliti).
Contoh terlampir di Pembelajaran I.

Mengetahui                                                                                  Jakarta,........../............../ 2015
Kepala Sekolah,                                                                              Guru/Wali Kelas 4A



Akhmad Solikhin, S.Pd, MM                                                       Bestiana Manihuruk, M.Pd
NIP : 196706131993032006                                                      NIP. 196905211997031002






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar