RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Menteng 03 Pagi Jakarta Pusat
Kelas / Semester : 4 /1
Tema :
2. Selalu Berhemat Energi
Sub Tema :
II. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari ( 6 X 35 Menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
4.6
Menyajikan laporan
tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Indikator
v Menjelaskan
tentang sumbersumber energi alternatif dan manfaatnya.
SBdP
4.14
Mengetahui berbagai
alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14
Membuat
karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran
dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator
v Berkreasi
membuat bingkai foto dengan menggunakan bahan alam yang tidak dipergunakan lagi.
Matematika
3.11
Menunjukkan
pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan,
pengurangan, dan perkalian.
4.1
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal, dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.
Indikator
v Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan sepasang kalimat matematika yang mempunyai
nilai yang sama atau berbeda.
C.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal tentang sumber-sumber
energi alternatif dan manfaatnya dengan benar.(IPA)
2.
Dengan menganalisa gambar dan infrmormasi, siswa mampu menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan ekspresi bilangan dengan benar. (SBdP & MTKA)
3.
Dengan menganalisa langkah-langkah pengerjaan, siswa mampu berkreasi
membuat bingkai foto dengan mandiri dan benar.(SBdP)
D.
MATERI
SBdP
: Membuat
karya kreatif
IPA :
Energi dan Benda
benda elektronik
Matematika : Penjumlahan, pengurangan,
dan perkalian.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Awal
|
1. Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing
2. Guru bersama siswa melakukan apersepsi tentang kegiatan sehari-hari yang
berkaitan dengan pahlawanku
3. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
4. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
15 Menit
|
|
INTI
|
1. Siswa
mengamati gambar tentang energi alternatif.
2. Siswa
berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku dengan teman
sebangkunya
3. Siswa
membaca teks tentang energi alternatif secara individu.
4. Guru
mengingatkan siswa untuk dapat membaca dengan saksama dan mencari informasi penting dari
bacaan yang berhubungan dengan energi alternatif.
5. Siswa
menyimpulkan tentang isi teks yang dibaca ke dalam bentuk peta pikiran dan
menceritakan hasilnya kepada teman yang lain secara berpasangan.
6. Siswa
membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang sepasang kalimat
matematika dengan
hasil yang sama atau berbeda.
7. Siswa
berkreasi untuk membuat bingkai foto dari bahan kardus bekas.
8. Guru
membantu siswa untuk memahami instruksi kegiatan dengan mendemonstrasikan
pembuatan bingkai foto dan mengingatkan cara penggunaan lem yang tidak
berlebihan.
9. Siswa
menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
|
180 Menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
2.
Guru menanyakan materi yang belum dipahami.
3.
Siswa mengerjakan latihan soal
4.
Guru menyampaikan pesan lanjut (mengapresiasi kelompok dan
siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran)
5.
Guru menyampaikan tindak lanjut (memberikan PR kepada siswa)
6.
Guru menutup pembelajaran dengan doa.
|
15 Menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
a.
Sumber
·
Diri
anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku
Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku
Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber
Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
b.
Media & alat bantu
1.
Buku teks siswa,
2.
Gunting, penggaris,
pensil,
3.
Lem, plastic mika, dan
kertas kado.
Energi
alternatif.
Sepasang
kalimat matematika dengan
hasil yang sama atau berbeda.
Bingkai
foto dari bahan kardus bekas.
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
Daftar
Periksa untuk IPA
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Tabel sudah menjelaskan tentang seluruh energi alternatif (6
energi).
|
||
Tabel menjelaskan tentang manfaat dari energi alternatif
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Hasil Penilaian pengamatan
benda-benda elektronik
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
ST (
|
BT (
|
ST (
|
BT (
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka
Daftar Periksa SBdP
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Mampu merangkai desain
foto secara mandiri
|
||
Mampu membuat bingkai
foto sesuai prosedur yang benar.
|
||
Mampu mengkombinasikan warna, hiasan, dan kerapian
pembuatan.
|
Hasil Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
ST (
|
BT (
|
ST (
|
BT (
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
Penilaian Sikap (rasa ingin tahu, jujur, teliti, hati-hati, bertanggung
jawab).
Contoh terlampir di
halaman di pembelajarn 1
a.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda.
· Isian singkat.
· Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Akhmad Solikhin, S.Pd, MM
NIP. 196905211997031002
|
Jakarta, ......../........../2015
Guru/Wali Kelas 4B
Bestiana Manihuruk.M.Pd
NIP. 196706131993032006
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar