Minggu, 13 September 2015

RPP K13 TEMA II KELAS 4 P1 ST 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         :  SDN Menteng 03 Pagi Jakarta Pusat
Kelas / Semester             :  4 /1
Tema                               2. Selalu Berhemat Energi  
Sub Tema                        II. Pemanfaatan  Energi  
Pembelajaran ke            :  2
Alokasi waktu                 : 1 Hari ( 6 X 35 Menit )

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

IPA
3.4    Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.6        Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Indikator
v  Menjelaskan tentang sumbersumber energi alternatif dan manfaatnya.

      SBdP
4.14     Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.14 Membuat karya kreatif yang diperlukan untuk melengkapi proses pembelajaran dengan memanfaatkan bahan di lingkungan.
Indikator
v  Berkreasi membuat bingkai foto dengan menggunakan bahan alam yang tidak dipergunakan lagi.

      Matematika
3.11 Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
4.1    Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.
Indikator
v  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan sepasang kalimat matematika yang mempunyai nilai yang sama atau berbeda.



C.     TUJUAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampu mengenal tentang sumber-sumber energi alternatif dan manfaatnya dengan benar.(IPA)
2.      Dengan menganalisa gambar dan infrmormasi, siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan ekspresi bilangan dengan benar. (SBdP & MTKA)
3.      Dengan menganalisa langkah-langkah pengerjaan, siswa mampu berkreasi membuat bingkai foto dengan mandiri dan benar.(SBdP)

D.    MATERI

SBdP                                 : Membuat karya kreatif
IPA                                   : Energi dan Benda benda elektronik
Matematika                             : Penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Awal
1.   Guru mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.   Guru bersama siswa melakukan apersepsi tentang kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pahlawanku
3.   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran.
4.   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
15 Menit
INTI
 
1.  Siswa mengamati gambar tentang energi alternatif.
 
2. Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku dengan teman sebangkunya
 
3. Siswa membaca teks tentang energi alternatif secara individu.
4. Guru mengingatkan siswa untuk dapat membaca dengan saksama dan mencari informasi penting dari bacaan yang berhubungan dengan energi alternatif.
5. Siswa menyimpulkan tentang isi teks yang dibaca ke dalam bentuk peta pikiran dan menceritakan hasilnya kepada teman yang lain secara berpasangan.
6. Siswa membaca dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang sepasang kalimat matematika dengan hasil yang sama atau berbeda.
7. Siswa berkreasi untuk membuat bingkai foto dari bahan kardus bekas.
8. Guru membantu siswa untuk memahami instruksi kegiatan dengan mendemonstrasikan pembuatan bingkai foto dan mengingatkan cara penggunaan lem yang tidak berlebihan.
9. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
180 Menit
Penutup
1.     Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran
2.     Guru menanyakan materi yang belum dipahami.
3.     Siswa mengerjakan latihan soal
4.     Guru menyampaikan pesan lanjut (mengapresiasi kelompok dan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran)
5.     Guru menyampaikan tindak lanjut (memberikan PR kepada siswa)
6.     Guru menutup pembelajaran dengan doa.
15 Menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
a.      Sumber
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
             Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
b.      Media & alat bantu
1.      Buku teks siswa,
2.      Gunting, penggaris, pensil,
3.      Lem, plastic mika, dan kertas kado.
Energi alternatif.
Sepasang kalimat matematika dengan hasil yang sama atau berbeda.
Bingkai foto dari bahan kardus bekas.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
Daftar Periksa untuk IPA
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Tabel sudah menjelaskan tentang seluruh energi alternatif (6 energi).


Tabel menjelaskan tentang manfaat dari energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.



Hasil Penilaian pengamatan benda-benda elektronik
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
ST ( )
BT ( )
ST ( )
BT ( )
1





2





3





4





5





Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka
Daftar Periksa SBdP
Kriteria
Keterangan
Sudah
Belum
Mampu merangkai desain foto secara mandiri


Mampu membuat bingkai foto sesuai prosedur yang benar.


Mampu mengkombinasikan warna, hiasan, dan kerapian
pembuatan.


Hasil Penilaian  
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
ST ( )
BT ( )
ST ( )
BT ( )
1





2





3





4





5






Penilaian Sikap (rasa ingin tahu, jujur, teliti, hati-hati, bertanggung jawab).
Contoh terlampir di halaman di pembelajarn 1

a.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,




Akhmad Solikhin, S.Pd, MM
NIP. 196905211997031002

Jakarta, ......../........../2015
Guru/Wali Kelas 4B




        Bestiana Manihuruk.M.Pd
        NIP. 196706131993032006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar